Gak Banyak yang Tau, Apa itu Akuakultur?

Foto: Potret Akuakultur di Keramba Jaring Apung


Potensi Indonesia
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Lebih dari 75% wilayah Indonesia adalah laut. Hal tersebut tentunya menjadi sektor potensial untuk dikembangkan dan dimanfaatkan agar dapat menjadi sumber kesejahteraan masyarakat Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menggalakkan kegiatan budidaya perikanan atau budidaya perairan (akuakultur). (Cari tahu: Masa Depan Akuakultur Indonesia)

Akuakultur
Akuakultur atau biasa disebut budidaya perairan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memelihara serta mengembangbiakkan organisme perairan. Kegiatan tersebut terbagi dalam proses pembenihan, pendederan, pembesaran, pemanenan hingga pemasaran. Hasil dari kegiatan akuakultur akan digunakan untuk memenuhi permintaan pasar atau kebutuhan konsumen, sehingga kegiatan akuakultur berorientasi bisnis dan profit, yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Komoditas Akuakultur
Komoditas akuakultur atau budidaya perairan sangat beragam mencakup seluruh organisme perairan baik itu hewan maupun tumbuh-tumbuhan, perairan tawar, payau dan juga perairan air asin (laut). Beberapa contoh komoditas air tawar yaitu: ikan lele, ikan nila dan sebagainya. Komoditas laut seperti: ikan kerapu, rumput laut dan masih banyak lagi. (Cari tahu: 10 Komoditas Unggulan Akuakultur Indonesia)

Tujuan Akuakultur
Akuakultur sebagai upaya manusia untuk mengatasi pemenuhan kebutuhan manusia akan gizi terutama protein. Hasil perikanan terbukti memiliki kandungan protein yang tinggi yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh. Selain itu, akuakultur juga berusaha menjaga kelestarian biota perairan yang dianggap terancam keberadaannya di alam dengan melakukan domestikasi dan restocking. Kegiatan akuakultur yang baik dilakukan dengan memerhatikan cara-cara yang telah teruji melalui berbagai macam riset atau penelitian, serta memerhatikan keberlanjutan lingkungan sebagai aspek utama dalam berlangsungnya usaha yang berkelanjutan.

Nah, setelah mengetahui tentang Akuakultur mungkin kamu pengen tahu juga nih, apa aja sih yang di pelajari ketika kita terjun ke dunia akuakultur. Terutama buat yang mau kuliah perikanan dan bingung mau pilih jurusan, yuk simak selengkapnya




Diolah dari berbagai macam sumber



Gak Banyak yang Tau, Apa itu Akuakultur? Gak Banyak yang Tau, Apa itu Akuakultur? Reviewed by Mas Sondy on Juni 14, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar