Ekonomi Biru: Masa Depan Akuakultur Indonesia

Foto: ilustrasi akuakultur, KKP

Pertumbuhan Penduduk Dunia
Pertumbuhan penduduk terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PBB bekerjasama dengan University of Washington didapatkan data bahwa di tahun 2050 jumlah penduduk dunia mencapai 9,6 miliar. Jumlah penduduk yang sebanyak itu disinyalir akan memunculkan berbagai macam persoalan baru dunia salah satunya yaitu ketahanan pangan. Artinya, semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan produk pangan akan terus meningkat.

Ikan Sumber Protein Masa Depan
Menjawab tantangan tersebut, akuakultur atau budidaya perairan dapat menjadi salah satu sektor yang masih akan terus berkembang dan sangat potensial di masa mendatang. Ikan merupakan sumber protein hewani yang tinggi, dimana protein sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Ikan juga mengadung omega 3 yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak. Disamping itu, gaya hidup sehat yang digaung-gaungkan saat ini juga menjadi salah satu faktor yang akan terus mendorong bertambahnya konsumsi ikan di Indonesia. Mengingat, tingkat konsumsi ikan di Indonesia saat ini masih rendah.

Produktivitas Ikan Tangkap Menurun
Ketersediaan ikan hasil tangkapan dari alam terus mengalami penurunan, hal tersebut diduga dikarenakan banyaknya permintaan akan ikan yang terus meningkat, sementara manajemen pengelolaan ikan tangkapan belum sepenuhnya  diterapkan mengakibatkan overfishing. Karena itulah, terus dilakukan upaya untuk mendorong dikakukannya budidaya dengan teknologi yang efektif dan efisien untuk mengimbangi produksi ikan hasil tangkapan dengan produksi ikan hasil budidaya atau akuakultur.

Potensi Akuakultur
Menurut data dari KKP,  sektor budidaya perikanan memiliki potensi lahan yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya sebesar 2,1 juta hektare dari luas wilayah perairan di Indonesia  yang mencapai 3,1 juta hektare. Namun, baru 325.000 hektare yang sudah dimanfaatkan atau sekitar 2,69% saja. Melihat dua potensi tersebut, pertama kebutuhan ikan yang terus meningkat diakibatkan jumlah penduduk yang terus meningkat dan tren perubahan gaya hidup sehat di masyarakat, sementara kebutuhan ikan tidak bisa terus mengandalkan hasil tangkapan. Kedua, lahan potensial budidaya atau akuakultur yang masih sangat terbuka di indonesia. Maka, akuakultur atau budidaya perairan di Indonesia memiliki potensi yang strategis untuk dilakukan di Indonesia. So, masa kamu gak tertarik dengan dunia akuakuktur? 




Diolah dari berbagai macam sumber 
Ekonomi Biru: Masa Depan Akuakultur Indonesia Ekonomi Biru: Masa Depan Akuakultur Indonesia Reviewed by Mas Sondy on Juni 17, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar