Manfaat Probiotik untuk Pakan Budidaya Ikan

Foto: ilustrasi probiotik, kagamatp

Peran pakan dalam budidaya sangat penting untuk proses pertumbuhan dan menjaga kelangsungan hidup ikan. Pakan yang diberikan harus mengandung nutrien yang sesuai dengan kebutuhan gizi ikan. Sehingga, pertumbuhan ikan dalam wadah budidaya dapat berlangsung dengan baik.

Kebutuhan budidaya ikan terhadap pakan sangatlah besar. Hal tersebut dapat diihat dari biaya operasional  untuk pakan yang dihabiskan dalam kegiatan budidaya mencapai 60-70% dari biaya produksi. Sebagai pembudidaya, tentu menginginkan efektifitas dan efisiensi pakan agar biaya produksi dapat ditekan.

Salah satu cara untuk mendapatkan pakan yang berkualitas, dapat dilakukan dengan menambahkan probiotik. Probiotik berfungsi sebagai suplemen yang dicampur ke dalam pakan. Probiotik berisikan bakteri atau mikroba yang menguntungkan. Penambahan probiotik dalam pakan mengakibatkan terjadinya proses fermentasi, atau penyederhanaan zat-zat kompleks dalam pakan. Akibatnya, pakan akan lebih mudah dicerna sehingga meningkatkan kecernaan pakan. Contoh bakteri yang sering digunakan untuk fermentasi pakan yaitu Lactobacillus.

Pemberian probiotik dalam pakan dikakukan dengan cara mencampurkan probiotik kedalam bahan pakan secara merata. Setelah itu bahan pakan dicetak dan dikeringkan. 

Ikan yang diberikan pakan dengan penambahan probiotik memiliki tingkat kecernaan yang lebih baik daripada yang tidak ditabahkan probiotik. Tingkat kecernaan yang baik dapat menekan nilai FCR, dan meningkatkan laju pertumbuhan. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi pakan.

Selain tingkat kecernaan, laju pertumbuhan dan efisiensi pakan, penambahan probiotik juga dapat menjaga ikan sehingga lebih kebal terhadap penyakit.




Diolah dari berbagai macam sumber 



Manfaat Probiotik untuk Pakan Budidaya Ikan Manfaat Probiotik untuk Pakan Budidaya Ikan Reviewed by Mas Sondy on Juli 19, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar